Tumor mata terjadi karena pertumbuhan sel yang tidak normal di mata. Tumor mata bisa ganas atau jinak, tergantung pada kemampuannya untuk menyebar ke bagian lain dari tubuh. Masing-masing tumor ini dapat menyebabkan gejala ringan hingga parah.

Tumor mata dapat terjadi di semua bagian mata, mulai dari kelopak mata hingga lapisan paling dalam dari bola mata.

Tumor mata jinak atau ganas. Perbedaannya adalah bahwa tumor mata ganas (karsinoma mata) dapat menyebar ke organ lain, sedangkan tumor mata jinak tidak bisa.

Meski jinak, tumor mata dapat menyebabkan penderitanya menderita berbagai kondisi, dari yang ringan hingga yang merah hingga parah seperti masalah penglihatan. Oleh karena itu tumor mata membutuhkan perawatan yang memadai.

Penyebab Tumor Mata

Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati Tumor Mata
Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati Tumor Mata

Tumor mata jinak belum tahu penyebab pastinya. Namun, tumor jinak yang tumbuh di kelopak mata atau selaput lendir diyakini disebabkan oleh paparan debu dan sinar ultraviolet. Bagian dari pertumbuhan tumor juga diyakini disebabkan oleh virus.

Pembesaran sel-sel berwarna di mata atau di kulit di sekitar mata juga termasuk dalam kategori tumor mata jinak. Jenis tumor ini disebabkan oleh proses penuaan, tetapi juga dapat dikaitkan dengan perubahan DNA.

Gejala Tumor Mata

Tumor mata jinak bisa tumbuh di kelopak mata atau di mata. Gejala kanker mata bisa berbeda dan gejalanya biasanya ringan. Bahkan, kanker mata terkadang tidak menyebabkan kelainan.

Salah satu jenis tumor mata jinak yang paling sering terjadi adalah hemangioma. Tumor jenis ini disebabkan oleh pertumbuhan berlebih pembuluh darah di mata dan telah dialami sejak lahir. Ketika gejala terjadi, gejala berikut mungkin muncul:

  • Mata melotot (tanpa rasa sakit).
  • Mata merah.
  • Mata bengkak, gatal dan panas.
  • kehilangan penglihatan
  • Mata tampak bahwa ada sesuatu yang tinggi.

Tumor yang disebabkan oleh virus biasanya muncul dalam bentuk kutil pada kelopak mata.

Sementara itu, tumor yang disebabkan oleh pembesaran sel-sel berwarna muncul sebagai tanda lahir pada mata atau pada kulit di sekitar mata.

Jenis-jenis tumor ini perlu dipertimbangkan karena ada kemungkinan mereka menjadi ganas.

Cara Mengobati Tumor Mata

Operasi pengangkatan tumor mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk mengobati tumor atau kutil mata kecil dan keluar mata.

Namun, jika tumor terletak di dalam mata dan cukup besar, operasi laser atau terapi radiasi mungkin diperlukan.

Tumor berbentuk mol biasanya tidak boleh diobati kecuali mereka sangat mengganggu atau menunjukkan tanda-tanda keganasan.

Namun, dianjurkan untuk memeriksa tahi lalat ini di dokter spesialis mata setiap 6 bulan hingga 1 tahun. Ini harus dilakukan agar dokter dapat mengevaluasi apakah tumor berkembang menjadi tumor ganas atau tidak.

Baca Juga :