Penyebab dan cara ini tiba-tiba mengelola laptop dan komputer – Pernahkah Anda mencoba komputer yang tiba-tiba gagal? Itu alasannya, tentu saja. Biasanya inilah penyebab dan cara merawat komputer yang tiba-tiba gagal.

Pengguna komputer sering panik ketika komputer yang digunakan tiba-tiba mati tanpa mengetahui apa yang menyebabkannya.

Tidak jarang mereka langsung memperhatikan bahwa komputernya rusak. Nah, berikut adalah beberapa hal yang sering menyebabkan kematian mendadak laptop dan komputer.

Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Tiba-Tiba Mati Sendiri
Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Tiba-Tiba Mati Sendiri

Komputer terlalu panas (overheating)

Komputer tiba-tiba mati lebih sering karena terlalu panas. Terlalu panas seringkali merupakan akibat dari penggunaan yang berlebihan, menyebabkan komponen komputer bekerja sangat keras.

Kinerja komponen komputer lebih sulit ketika komputer digunakan untuk bermain, melakukan aktivitas yang membutuhkan memori lebih lama, atau digunakan untuk menjalankan aplikasi yang berat.

Untuk menghindari panas berlebih, letakkan komputer di ruangan ber-AC untuk menjaga suhu komponen di dalamnya tetap dingin dan agar tidak cepat panas.

Periksa juga apakah kipas catu daya berfungsi normal atau tidak. Karena itu, periksa apakah kondisi pendingin prosesor kering atau tidak.

Jika heat sink kering, segera oleskan pelumas termal. Jangan lupa untuk memeriksa kondisi kipas case untuk memastikan bahwa kipas masih dapat mendinginkan komponen komputer dengan benar atau tidak.

Masalah sistem operasi

Sistem operasi yang bermasalah atau kesalahan umum sering menjadi penyebab kematian mendadak komputer. Kesalahan sistem umum ini dapat terjadi karena file sistem yang rusak atau kesalahan instalasi sistem operasi.

Untuk mengatasi masalah ini, perbaiki atau perbaiki sistem operasi menggunakan CD instalasi sistem operasi yang masih operasional untuk mengembalikannya ke normal.

kerusakan hardware

Kerusakan perangkat keras (hardware failure) yang dapat menyebabkan komputer mati mendadak. Ini sering terjadi ketika komponen baru ditambahkan ke komputer.

Komponen-komponen baru ini mungkin tidak kompatibel dengan spesifikasi komputer, menyebabkan komputer sering crash dan dihidupkan kembali berulang kali.

Untuk menghindarinya, lepaskan perangkat keras baru dan ganti dengan perangkat keras yang sepenuhnya kompatibel dengan spesifikasi komputer.

Terkena virus

Komputer yang menginstal perangkat lunak anti-virus rentan terhadap serangan virus. Virus dapat menyebar dan menginfeksi program, data, dan sistem komputer hingga strukturnya rusak. Karena itu, komputer tiba-tiba mati ketika Anda membuka program yang terinfeksi.

Cara paling efektif untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menginstal program antivirus terbaru untuk membersihkan virus. Atau, Anda dapat menginstal ulang sistem dari awal dan kemudian memindai sistem hingga benar-benar bebas virus.

Baca Juga :