Apakah Anda masuk angin atau menghindari flu dan virus lain? Masker yang mungkin Anda butuhkan. Selain digunakan untuk melindungi Anda, topeng ini juga bertujuan untuk mencegah penyebaran virus. Orang dengan flu umumnya disarankan untuk tinggal di rumah selama masa penyembuhan sehingga mereka tidak terinfeksi virus lain dan tidak menularkan virus.

Namun, kini Anda telah menemukan penjualan topeng di mana-mana. Pertanyaannya sekarang adalah: apakah benar topeng itu benar-benar efektif dalam mencegah penyebaran flu atau mempercepat proses penyembuhan?
Apakah efektif menggunakan masker untuk mencegah masuk angin dan virus lain?

Anda tahu bertahun-tahun lalu, para peneliti tidak yakin apakah memakai topeng bisa sangat efektif dalam mencegah penyebaran virus flu. Penelitian yang diterbitkan pada 2008 di International Journal of Infectious Diseases menyimpulkan bahwa masker harus digunakan dengan benar agar lebih efektif dalam mencegah penyebaran infeksi virus. Misalnya, jika keluarga memiliki anak yang terserang flu, maka anak tersebut memakai masker flu dengan akurasi 80% tentang cara menggunakannya, sehingga anggota keluarga memiliki risiko kecil didiagnosis terserang flu.

Masker Mencegah Flu

Studi lain yang diterbitkan dalam Annals of International Medicine menemukan bahwa anggota keluarga dapat mengurangi risiko sekitar 70% dari flu ketika mereka mencuci tangan dan memakai topeng. Para peneliti di University of Michigan juga melibatkan 1000 siswa yang tinggal di asrama, para siswa dibagi menjadi beberapa kelompok; mereka yang memakai topeng, mereka yang memakai topeng dan mempraktikkan kebiasaan mencuci tangan, mereka yang tidak melakukan keduanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok yang memakai topeng dan mencuci tangan di asrama memiliki 75% risiko terkena flu. Dapat disimpulkan bahwa memakai topeng tidak cukup, para peneliti menyarankan bahwa tindakan pencegahan ini harus disertai dengan mencuci tangan.
Apakah topengnya memiliki tipe yang berbeda?

Saat Anda ingin mengenakan topeng, pastikan Anda tahu jenis topeng yang akan digunakan. Berikut beberapa jenis topeng:

  1. Masker wajah

Jenis topeng ini cukup lebar tetapi cocok untuk dipakai dan sering ditemukan di mana-mana. Di Amerika sendiri, penggunaan masker ini telah disetujui oleh Administrasi Makanan dan Obat Amerika sebagai atribut kesehatan. Bertahun-tahun yang lalu, mungkin Anda hanya melihat bahwa topeng ini hanya digunakan oleh dokter, dokter gigi, dan perawat untuk merawat pasien mereka. Namun dari penyebaran berbagai virus, seperti flu burung, topeng ini lebih banyak ditemukan di ruang publik.

Jenis topeng ini mampu mencegah tetesan cairan tubuh dari hidung atau mulut yang mungkin mengandung virus. Selain itu, topeng ini juga dapat melindungi terhadap cipratan dan cipratan cairan tubuh orang lain; cara batuk dan bersin. Kerugian dari topeng ini adalah di bagian bawah topeng. Anda masih bisa menghirup sedikit udara yang terkontaminasi.

  1. Respirator

Pada kenyataannya, topeng ini sangat jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Topeng ini dirancang untuk melindungi pemakainya dari partikel yang sangat kecil di udara yang bisa mengandung virus. Anda bisa melihat orang-orang mengenakan topeng ini ketika mereka menggambar sesuatu dengan pilot. Namun, jangan salah, petugas kesehatan juga menggunakan masker jenis ini untuk melindungi diri dari penyakit yang ditularkan melalui udara, seperti TBC. Tidak seperti topeng normal, respirator dapat melindungi seseorang dari partikel besar dan kecil. Uniknya, secara keseluruhan masker ini sangat efektif untuk mencegah masuk angin.
Bagaimana cara menggunakan topeng yang benar?

Jika Anda berada dalam kondisi tubuh yang tidak sehat dan perlu berbagi kamar dengan seseorang yang menderita flu, pastikan Anda menggunakan masker dengan benar. Masker dapat secara efektif mencegah penularan virus, jika digunakan dengan cara dan dalam situasi yang tepat. Ada beberapa tips untuk mengenakan topeng yang benar, seperti:

Gunakan topeng jika Anda harus berada kurang dari 2 meter dari orang yang sakit.
Tempatkan pengait topeng dengan benar, karena ini dapat menjaga topeng di hidung Anda,

Baca Juga :