dari mereka yang mengatakan bahwa segelas susu hangat dapat membantu Anda tidur lebih cepat, dan ada juga orang yang tertidur lebih cepat melalui meditasi. Ada banyak cara untuk membantu Anda tidur dan Anda harus menemukan cara yang tepat untuk Anda.

Kurang tidur dapat berdampak negatif pada tubuh kita. Selain merasa lelah dan tidak dapat berkonsentrasi, kurang tidur juga dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, seperti obesitas, depresi, demam, diabetes, penyakit jantung dan stroke.

Jika Anda sulit tidur, ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu Anda tidur. Cara sehat yang bisa dilakukan, yaitu yoga. Ada beberapa teknik dan gerakan yoga yang dapat Anda lakukan setiap malam untuk membantu Anda tidur nyenyak. Gerakan yoga ini dapat dilakukan dalam beberapa menit untuk memicu proses tidur alami tubuh.

Gerakan Yoga Supaya Anda Tidur Lebih Nyenyak

  1. Jongkok fungsional

Mulai dalam posisi vertikal. Sebarkan jarak di antara kedua kaki Anda sehingga sejajar dengan sisi Anda, rentangkan tangan Anda sehingga sejajar dengan bahu Anda, lalu perlahan-lahan mulai berjongkok. Pertahankan berat badan tinggi pada tumit.

Jika Anda merasa sulit untuk berjongkok tanpa mengangkat tumit atau merasa ingin jatuh, Anda dapat memegang sesuatu yang aman, seperti ujung tempat tidur sehingga posisinya lebih stabil.

Ambil tiga tarikan napas dalam-dalam dalam posisi jongkok. Fokus untuk merilekskan punggung bagian bawah Anda setiap kali Anda menghembuskan napas. Jika Anda mengalami rasa tidak nyaman atau sakit pada pergelangan kaki, lutut, atau tulang kering Anda, cobalah memperlebar jarak di antara kedua kaki Anda.

  1. Pejuang dengan kurva sisi

Mulai dalam posisi tegak. Geser kaki kanan Anda ke belakang, sandarkan pada tumit Anda dan arahkan jari Anda ke luar. Tekuk lutut kiri sehingga lutut tegak lurus dengan tumit kiri dan pertahankan kaki kanan dalam posisi tegak. Jika Anda kesulitan menyeimbangkan diri, Anda bisa meletakkan tangan kiri di tempat tidur atau di dinding, tetapi tidak di pinggul.

Angkat tangan kanan Anda melewati kepala dan regangkan sisi kanan tubuh Anda, lalu tarik napas. Jadi, pertahankan posisi itu dan buang napas. Kemudian tarik napas lagi dan letakkan tangan kanan Anda lagi seperti sebelumnya. Anda dapat mengulangi gerakan yang sama di sisi lain.

  1. Terlentang memutar lutut tertekuk

Mulailah dalam posisi berbaring dengan kaki terentang dan lengan di samping. Letakkan bantal di bawah kepala Anda jika Anda mau. Angkat dan peluk lutut kiri ke arah dada, lalu tarik napas.

Kemudian buang napas perlahan sambil menarik lutut kiri dengan lembut ke sisi kanan tubuh. Ambil dua napas dalam-dalam, sehingga Anda bisa mengulanginya di sisi lain.

  1. Pernafasan diafragma dan berhitung mundur meditasi

Mulailah dalam posisi berbaring dan letakkan satu bantal di atas kepala Anda dan satu lagi di bawah lutut Anda. Tutup mata Anda, tarik napas dalam-dalam melalui hidung Anda. Anda harus bisa merasakan seluruh dinding dada membesar ke tulang rusuk yang lebih rendah. Buang napas perlahan ke hitungan mundur dari 20 ke 1 dan rasakan dinding dada kembali ke posisi semula.

Setelah menghembuskan napas perlahan, coba kencangkan otot perut untuk melihat apakah ada sisa udara yang bisa dikeluarkan. Setelah itu, berhentilah sejenak sebelum melanjutkan bernapas lagi. Cobalah untuk memperpanjang dan memperdalam pernapasan Anda dengan setiap napas. Anda dapat mengulanginya hingga 30-40 napas.

Baca Juga :