Doa adalah tindakan yang dilakukan oleh umat Islam sebagai sarana mendekati Allah SWT. Setiap kegiatan awal atau akhir dalam Islam dianjurkan untuk membaca doa. Sumber : berdoa.co.id

Termasuk saat ingin memasuki masjid. Anda didorong untuk membaca doa untuk memasuki masjid bahkan nanti jika Anda ingin meninggalkan masjid, Anda juga didorong untuk membaca doa di luar masjid.

Daftar artikel
Doa memasuki masjid menurut Sunnah Rossul

Doa untuk masuk masjid

Dalam Islam, setiap pengikutnya disarankan untuk membaca doa sebelum memasuki masjid, karena ada doa khusus ketika memasuki masjid Nabawi. Membaca doa di masjid adalah sunah badah yang harus diajarkan kepada anak-anak dari generasi Islam.

Dengan harapan bahwa agama Islam ini akan terus tumbuh dan bermanfaat bagi seluruh alam semesta. Doa di masjid dan doa di luar masjid adalah perilaku yang baik ketika memasuki tempat ibadah Muslim.

Masjid adalah tempat suci yang dimuliakan oleh Allah SWT yang harus dihormati dan dijaga kebersihannya. Sebagai Muslim, mereka diharapkan untuk menghormati dan menggunakan perilaku yang baik ketika memasuki tempat ibadah.

Wudhu disarankan sebelum memasuki masjid, sehingga ia dalam keadaan suci karena masjid adalah tempat ibadah. Untuk alasan ini, setiap Muslim harus tahu dan mengerti cara membaca doa di masjid yang baik dan adil.

Doa Masuk Masjid

اَللّهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ
Bacaan doa memasuki masjid Latin

“A‌llahummaf-tahlii abwaaba rahmatika”.
Arti pembacaan doa yang memasuki masjid

“Ya Tuhan, buka pintu rahmatmu untukku.”
Adab sebelum memasuki masjid

Cara atau cara untuk memasuki masjid adalah:

  1. Letakkan kaki kanan Anda terlebih dahulu

Dalam hukum Islam, cara pertama memasuki masjid adalah dengan meletakkan kaki kanan terlebih dahulu. Sebagaimana diajarkan oleh Nabi untuk melakukan semua yang baik, itu harus dilakukan dengan mengutamakan sisi kanan tubuh.

Termasuk saat pergi ke tempat ibadah. Memang, dalam Al Qur’an tidak ada aturan khusus untuk meletakkan kaki kanan terlebih dahulu ketika memasuki tempat ibadah Muslim ini, tetapi ini adalah saran dari Nabi.

  1. Baca doa untuk memasuki masjid

Etika atau etika kedua saat memasuki masjid adalah berdoa. Ada doa khusus ketika memasuki masjid seperti dijelaskan di atas. Membaca doa ketika Anda memasuki tempat ibadah ini, Anda menghargai kesucian tempat ibadah.

  1. Sholat dua sunnah rak’ah

Setelah masuk dan salat, sholat ini dinaikkan untuk dua shalat sunnah rak’ah atau yang disebut masjid tahiyatul.

Doa ini dilakukan setelah memasuki tempat ibadah sebelum melakukan sholat rardo atau sebelum duduk di masjid. Orang yang memasuki masjid diminta untuk tidak duduk sebelum shalat berjamaah.

Karena itu, jika Anda ingin pergi ke tempat ibadah Muslim ini, pastikan Anda berada dalam keadaan suci atau wudhu dari rumah. Ini sangat penting terutama jika kita berada di Mekah, doa untuk memasuki Masjidil Haram harus dibaca sebagai penghormatan kita terhadap tempat suci.

  1. Berdoa ketika Anda keluar dari masjid dan meletakkan kaki kiri Anda terlebih dahulu

Ucapkan doa tidak hanya saat memasuki masjid tetapi juga saat meninggalkan tempat ibadah. Sebagai Muslim, Anda dianjurkan untuk mengucapkan doa yang dibacakan oleh masjid jika Anda ingin meninggalkan tempat ibadah.
Shalat di luar masjid menurut Sunnah Rossul
Doa keluar dari masjid
Doa dibaca oleh masjid Arab

اَللهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ
Doa dibaca oleh masjid Latin

“Allahumma innii as-aluka min fadhlika”.
Makna sholat di luar masjid

“Ya Tuhan, aku memintamu hadiah darimu.”

Etika memasuki dan meninggalkan masjid dalam Islam sudah memiliki aturan, jadi pahami dan lakukan sesuai anjuran.

Di tempat ibadah ini seseorang juga harus tetap tenang, hindari berbicara keras-keras ketika berada di tempat ibadah. Jika Anda ingin berdzikir, itu lebih baik di hati Anda dan tidak terlalu sulit karena dapat mengganggu kedamaian di masjid.